Efektifitas Teknik Role Playing Menggunakan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMK Ma’arif 01 Malang.

Fatmala, Siti (2021) Efektifitas Teknik Role Playing Menggunakan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMK Ma’arif 01 Malang. Sarjana thesis, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Kemandirian belajar adalah proses belajar yang dilakukan atas dorongan internal dari individu tanpa tergantung pada orang lain, memiliki tanggung jawab sendiri untuk menguasai kompetensi guna mengatasi suatu masalah. Dorongan dari internal atau individu memiliki kunci pokok dalam kegiatan belajar anak. erolehan hasil belajar yang didapat dari anak baik keterampilan maupunkompetensi tertentu mampu dicapai jika dialami sendiri dalam proses perolehan hasil belajar tersebut. Penelitian ini didasari oleh faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar pada siswa terutama dalam lingkungan sekolah menengah keatas sehingga perlu diberikan treatment dengan menggunakan teknik role playing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektif tidaknya teknik role playing untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa XI SMK 01 Ma'arif Malang. instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala kemandirian belajar yang terdiri dari 35 item yang memiliki tingkat kemandirian belajar yang rendah 15 siswa dari 30 siswa, cara yang digunakan dalam pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design jenis One Group Pretest-Posttest Design, sampel penelitian berjumlah 15 siswa disaring melalui teknik role playing menggunakan bimbingan kelompok. Analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan uji wilcoxon untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah pemberian treatment dengan menggunakanteknik role playing. Hasil analisis data dilakukan dengan uji wilcoxon yang diketahui Z = -2.536 dan sig. (2-tailed) = 0,011 yang berarti sig. < 0,05 yaitu teknik role palying efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XI SMK 01 Ma'arif Malang. Sehingga berdasarkan hasil penelitian ini, dapat dianjurkan kepada guru bimbingan dan konseling untuk menggunakan teknik role playing dalam memberikan layanan bimbingan dan onseling terutama yang berkaitan dengan kemandirian belajar siswa. Sehingga siswa dengan mudah untuk membentuk kemandirian belajar yang rendah menjadi tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teknik Role Playing, Bimbingan Kelompok, Kemandirian Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:52
Last Modified: 23 Feb 2023 01:52
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5106

Actions (login required)

View Item View Item