Pengaruh Capital Adequacy Ratio (Car) Dan Non Performing Loan (NPL) Terhadap Profitabilitas (ROA) Perbankan Dengan Variabel Inflasi Sebagai Moderasi Studi Empiris Pada Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indoensia Periode 2018-2020)

Sendo, Oliva Monika (2022) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (Car) Dan Non Performing Loan (NPL) Terhadap Profitabilitas (ROA) Perbankan Dengan Variabel Inflasi Sebagai Moderasi Studi Empiris Pada Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indoensia Periode 2018-2020). Sarjana thesis, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Industri perbankan merupakan bagian terpenting dalam perekonomian suatu negara yang manfaatnya dirasakan bagi masyarakat maupun pemerintah.Peranan penting yang dimiliki yaitu menjadi perantara dalam melayani atau usaha perekonomian di sektor riil (Dewi,2017). Fenomena yang terjadi pada Bank Dunia (World Bank) perekonomian global melambat keangka 2,9% di tahun 2019. Pertumbuhan ROA bank di Indonesia juga ikut melambat dilihat periode Desember 2016 kembali melambat menjadi 2,96% dibanding pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 7,76% (Sehaq,2019). Dijelaskan dalam LPIP-OJK pada triwulan IV 2020 masih tetap terjaga. Bisa dilihat dari rasio modal yaitu CAR yang terjaga pada rentang 23,81% dan juga tingkat likuiditas juga pun terjaga. Terjaganya kedua indikator ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi penurunan kualitas kredit debitur ditengah ketidakpastian pandemi ini. Selain fenomena ini ang melatarbelakangi peneliti mengangkat judul ini, adapun beberapa researchgap yang peneliti temukan dari peneliti-peneliti terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio dan Non Performing Loan terhadapProfitabilitas (ROA) perbankan dengan variabel inflasi sebagai moderasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di BEI selama periode 2018-2020. Jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 23 sampel.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan purposive sampling (pengambilan sampel sesuai kriteria-kriteria tertentu). Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis regresi linier bergandaserta uji MRA. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini secara simultan menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Return On Assets (ROA). Secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan antara CAR terhadap ROA. Namun, NPL memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap ROA. Selanjutnya hasil uji MRA yang dilakukan diperoleh bahwa Inflasi tidak berpengaruh ignifikan dalam memoderasi pengaruh CAR dan NPL terhadap ROA secara masing masing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: CAR, NPL, ROA, Inflasi.
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:44
Last Modified: 23 Feb 2023 01:44
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item View Item