Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi untuk Meningkatkan Keaaktifan dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII D SMP Negeri 5 Kepanjen.

Aryanto, Fransiskus (2019) Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi untuk Meningkatkan Keaaktifan dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII D SMP Negeri 5 Kepanjen. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Hasil observasi dikelas diketahui bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa VII D SMP Negeri 5 Kepanjen masih rendah. Bukti rendahnya keaktifan belajar siswa dikelas dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII D mata pelajaran IPS dengan presentase 38,23% (kategori kurang aktif). Setelah melihat permasalahan tersebut yaitu keaktifan dan hasil belajar siswa sangat rendah maka guru (peneliti) menerapkan model pembelajaran Artikulasi dalam melaksanakan penelitian dikelas VII D SMP Negeri 5 Kepanjen.Artikulasi merupakan model pembelajaran yang menekankan pada konsep siswa aktif. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas VII D SMP Negeri 5 Kepanjen melalui model pembelajaran Artikulasi. Rancangan penelitian ini menggugunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kepanjen siswa kelas VII D tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri 35 siswa yaitu 21 laki-laki dan 14 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan, keterlaksaan model pembelajaran, Tes, dan catatan temuan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukan bahwa pada siklus I persentase keaktifan 73% kategori aktif, sedangkan persentase hasil belajarnya 65,71% dengan nilai rata-rata 68,28 kategori cukup baik. Untuk siklus II persentase keaktifan 87,85% kategori sangat aktif sedangkan persentase hasil belajarnya 80% dengan rata-rata 88 kategori sangat baik. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru IPS SMP Negeri 5 Kepajen agar dapat menerapkan model pembelajaran Artikulasi dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi refrensi bagi siswa akan pentingnya keaktifan belajar siwa Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Artikulasi dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, diharapkan dapat dilakukan dengan baik agar mendapatkan hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Artikulasi Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: 900 – Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan > 910 Geografi dan perjalanan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:25
Last Modified: 23 Feb 2023 02:25
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5173

Actions (login required)

View Item View Item