Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kaimana Papua Barat.

Hawan, Hironimus Kia (2019) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kaimana Papua Barat. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Keluarga merupakan lembaga sosial pertama yang dikenal oleh anak dan dalam keluarga ini dapat ditanamkan sikap-sikap yang dapat mempengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Keluarga bertangg-ung jawab penuh dalam menyediakan dana dan kebutuhan pendidikan anaknya.+ Dari pengamatan peneliti bahwa siswa SMP N 2 Kaimana berasal dari kondisi sosial ekonomi yang berbeda, seperti: tingkat pendidikan, pendapatan, kekayaan yang dimiliki, dan tempat tinggal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional menggunakan analisis regresi linear sederhana. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa di SMPN 2 Kaimana Papua Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kondisi ekonomi orang tua (X) terhadap hasil belajar (Y). Berdasarkan hasil uji pada tabel Model Summary. Diketahui nilai R Square sebesar 0,693, yang artinya terdapat pengaruh kondisi ekonomi orang tua dengan penerimaan hasil pendapatan yang di dapat oloeh orang tua siswa sehari-hari sebesar 0,693 dan dapat disimpulkan bahwa mempunyai pengaruh kon+disi ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 69,3% dan sisanya 30,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kondisi ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap, hasil belajar siswa. Dengan besarnya pendapatan yang diterima oleh orang tua siswa maka hasil belajar siswa akan meningkat. Pada nilai t diketahui 15.385 dengan signifikan 0,000 < 0,05 berarti kondisi konomi orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sarannya adalah dapat dijadikan sebagai wahana untuk menerapkan antara teori yang sudah didapat diperkuliahan dengan peraktik dalam dunia kependidikan,sehingga nantinya dapat dijadikan bekal dalam peningkatan hasil belajar peserta didik,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: sosial ekonomi orang tua, hasil belajar.
Subjects: 900 – Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan > 910 Geografi dan perjalanan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:25
Last Modified: 23 Feb 2023 02:25
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5175

Actions (login required)

View Item View Item