Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bululawang Tahun Ajaran 2018/2019.

Panal, Fransiskus (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bululawang Tahun Ajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pengajaran dengan teknologi audio visual adalah cara atau menyampaikan materi dengan menggunakan mesin – mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan – pesan audio visual. Pengajaran audio visual jelas bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses belajar, seperti mesin proyektor, film bersuara, gambar hidup dan televisi. Jadi pengajaran dengan audio visual adalah produksi dan penggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran serta tidak seluruhnya tergantung kepada pemahaman kata atau simbol – simbol yang serupa agar para siswa mampu termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Penggunakan alat audio visual seperti tersebut, ditujukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar, sehingga diharapkan anak – anak mampu mengembangkan daya nalar serta daya rekannya. Hasil berbagai penelitian bahwa proses belajar dan mengajar menggunakan sarana audio visual mampu meningkatkan efisiensi pengajaran 20% - 50%. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisi regresi linear sederhana Dimana analisis regeresi linear sederhana berbicara tentang hubungan secara linear anatara satu variabel indepenen (X) dengan variabel dependen (Y). Analisis ini untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen apakah positif atau negatif dan untuk memprediksi nilai dari variabel dependen apabila nilai variabel independen mengalami kenaikan atau penurunan. Sedangkan dalam penelitian ini metpode penelitian regresi linear sederahana sangat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel bebas (video pembelajaran X) terhadap variabel terikat (motivasi belajar Y) di SMP Negeri 2 Bululawang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran memberikan pengaruh yang besar terhadap motivasi belajar siswa, dan semogah dengan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi yang penting bagi pihak sekolah, sehinggah dapat mengambil kebijakan-kebijakan yang mampu dalam melengkapi fasilitas belajar sekolah serta mampu meningkatkan kedisiplinan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka ada beberapah hal yang disimpulkan yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara video pembelajaran (X) terhadap motivasi belajar (Y) yaitu sebesar 4.356 pada tingkat probabilitas 0,000. Dari hasil penelitian diatas Maka dari itu peneliti menyarankan terhadap guru untuk meberikan gaya belajar dengan menggunakan media audio visual sehingga kegiatan belajar menjadi maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Media Auidio Visual, Motivasi belajar.
Subjects: 900 – Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan > 910 Geografi dan perjalanan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:51
Last Modified: 23 Feb 2023 02:51
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5177

Actions (login required)

View Item View Item