Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang

Mogi, Mariana (2019) Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan observasi awal pada kelas VIII E di SMP Negeri 2 Malang, Pada tanggal 19 November 2018 peneliti melakukan koordinasi dengan guru IPS dan kepala sekolah, dan diperoleh kesepakatan pelaksanaan penelitian dilaksaan mulai tanggal 21-22 Novenber 2018. Rendahnya hasil belajar juga dirasakan di SMP Negeri 2 Malang. Dalam pembelajaran IPS model pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat, dimana pada saat guru menjelaskan materi ada siswa yang tidak memperhatikan dan kurangnya keikutsertaan siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VIII E SMP Negeri 2 Malang dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing. Standar ketuntasan belajar minimal siswa pada kelas VIII E SMP Negeri 2 Malang yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah, yaitu sebesar 77%. Pembahasan hasil belajar pada siklus I telah mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing sebesar 63,3% atau 19 siswa yang dinyatakan tuntas. Hasil belajar pada siklus II sudah tergolong tuntas dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing, sebesar 86,6% atau 26 siswa yang dinyatakan tuntas. Berdasarkan pada hasil penelitian diperoleh ketuntasan siswa pada tes awal mencapai 23%, siklus I 72,60% dan siklus 86,6% II %. Data hasil belajar siswa tersebut menunjukan bahwa setiap kegiatan mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian,disarankan kepada guru IPS SMP Negeri 2 Malang agar dapat menerapkan model pembelajaran problem posing dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi refrensi bagi siswa. Bagi peneliti selajutnya penelitian dengan menerapkan model pembelajaran problem posing dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, diharapkan dapat dilakukan dengan baik agar mandapatkan hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Posing dan Hasil belajar.
Subjects: 900 – Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan > 910 Geografi dan perjalanan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:52
Last Modified: 23 Feb 2023 02:52
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5184

Actions (login required)

View Item View Item