Pengembangan Modul Geografi SMA Kelas XI Pada Materi Komposisi Penduduk Menggunakan Model Borg And Gall Melalui Strategi Lesson Study

Rawu, Nursin Hona (2019) Pengembangan Modul Geografi SMA Kelas XI Pada Materi Komposisi Penduduk Menggunakan Model Borg And Gall Melalui Strategi Lesson Study. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Didalam Buku Geografi untuk SMA Kelas XI masih banyak kesalahan yang terdapat pada kesalahan tanda baca, kesalahan kalimat, kesalahan paragraf, kesalahan pada penempatan gambar, dan masih kurangnya materi pada materi komposisi penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Geografi penduduk komposisi penduduk. Modul terdiri dari dua set, Modul 1 tentang komposisi penduduk dan Modul 2 tentang susunan komponen berdasarkan karakteristik. Pengembangan modul berdasarkan keterbatasan bahan ajar yang kontekstual dan berbahasa Indonesia. Modul ini juga dikembangkan dengan strategi lesson study. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Bord And Gall. Model tersebut dimodifikasi berdasarkan kebutuhan pengembangan, sehingga langkah langkah pengembangannya: 1) pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan produl awal; 4) validasi ahli dan uji coba; dan 5) revisi. Uji coba dilakukan setelah modul divalidasi oleh ahli materi/isi tentang komposisi penduduk, Bahasa Indonesia, dan media. Hasil penelitian menunjukkan modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar tambahan. Berdasarkan data dari semua responden, yaitu validasi ahli, dosen, dan subjek uji coba, modul mendapatkan nilai kuantitatif 85 % yang berarti kualifikasi baik. Selain itu, keefisienan modul juga nampak dari tingkat pemahaman siswa terhadap modul dengan kualifikasi baik. Modul dalam kualifikasi baik dan tidak perlu direvsi, peneliti tetap melakukan revisi guna penyempurnaan produk. Revisi dilakukan sebanyak tiga kali. Perbaikan pada revisi pertama meliputi: isi materi, kosa kata, kalimat, paragraf, desain sampul, dan penjabaran standar isi. Perbaikan pada revisi kedua meliputi: kosa kata, gambar di dalam isi modul, dan penyederhanaan kunci jawaban. Perbaikan ketiga meliputi: penambahan gambar kontekstual dan pembuatan poin-poin pada kunci jawaban.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul Geografi, Komposisi Penduduk, Lesson Study
Subjects: 900 – Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan > 910 Geografi dan perjalanan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:50
Last Modified: 23 Feb 2023 02:50
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5187

Actions (login required)

View Item View Item