Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sosial Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Wagir Kabupaten Malang.

Namang, Petrus Yos (2019) Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sosial Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Wagir Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Lingkungan sosial merupakan tempat belajar berkenaan dengan interaksi manusia dengan masyarakat untuk memperoleh ilmu pengetahuan formal, karena disekolah terdapat kurikulum sebagai rencana pendidikan dan pengajaran. Sumber belajar merupakan semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar. Hasil belajar merupakan tingkat penguasaan yang dicapai oleh mahasiswa dalam mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Wagir Malang. (2) Rata-rata posttest hasil belajar IPS pada kelas yang akan diberikan metode pemanfaatan lingkungan sosial sebagai model pembelajaran lebih tingggi dibandingkan pada kelas yang diberi metode ceramah, (3) Metode pemanfaatan lingkungan sosial lebih efektif dibandingkan metode ceramah pada mata pelajran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Wagir. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttets Nanoquivalent Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII E dan Kelas VIII F SMP Negeri 2 Wagir tahun ajaran 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Tidak ada perbedaan rata-rata nilai pretest mata pelajaran IPS pada kelas yang akan diberi metode pemanfaatan lingkungan sosial sebagai model. (2) Nilai rata-rata posttest hasil belajar IPS pada kelas yang akan diberikan pemanfaatan lingkungan sosial sebagai model pembelajaran lebih tinggi dibandingkan pada kelas yang diberi metode ceramah, (3) Pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sosial sebagai sumber belajar lebih efektif dibandingkan metode ceramah pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Wagir Tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Lingkungan Sosial, Sumber Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: 900 – Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan > 910 Geografi dan perjalanan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:50
Last Modified: 23 Feb 2023 02:50
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item View Item