Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII-A SMP Kristen Petra Malang.

Mamun, Rentiana (2019) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII-A SMP Kristen Petra Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dikelas VII-A SMP Kristen Petra Malang diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih sangat rendah. Bukti rendahnya aktivitas siswa dikelas dilihat dari presentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-A mata pelajaran IPS dengan prestase 36,36% (kategori kurang aktif). Setelah melihat permasalah tersebut yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa sangatlah rendah maka guru (peneliti) menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together dalam melaksanakan penelitian dikelas VII-A SMP Kristen Petra Malang. Numbered Head Together merupakan salah satu model pembelajaran yang didesain untuk meningkatkan rasa tanggungjawab siswa terhadap pembelajaran sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VII-A SMP Kristen Petra Malang melalui model pembelajaran Numbered Head Together. Rancangan penelitian ini digunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggarad. Peneliti ini dilaksanakan di kelas VII-A di SMP Kristen Petra Malang siswa kelas VII-A tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri 22 siswa yaitu 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, dan catatan temuan lapangan Hasil penelitian enunjukkan bahwa siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 63% kategori cukup baik dan hasil belajar siklus I yaitu 36,36 % sedangkan pada siklus II rata-rata nilai aktivitas belajar siswa yaitu 73%dengan kategori sangat tinggi dan hasil belajar siklus II 81% dikategori sangat tinggi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Numbered Head Together dapat meningkat aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru IPS SMP Kristen Petra Malang agar dapat menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi siswa akan pentingnya aktivitas belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Numbered Head Together, Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 900 – Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan > 910 Geografi dan perjalanan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:51
Last Modified: 23 Feb 2023 02:51
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5191

Actions (login required)

View Item View Item