Pengaruh Media Sosial, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Terpadu Siswa Kelas Vii Di SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang

Oktaviana, Oktaviana (2018) Pengaruh Media Sosial, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Terpadu Siswa Kelas Vii Di SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Dengan adanya media sosial yang baik disertai dengan perhatian orang tua yang baik dan hasil belajar yang baik maka akan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh media sosial, perhatian orang tua, dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Ma’arif 02 Kota Malang. (2) mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Ma’arif 02 Kota Malang. (3) Mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Ma’arif 02 Kota Malang. (4) Mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Ma’arif 02 Kota Malang. Jenis penelitian menggunakan penelitian ex-post-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang yang berjumlah 320 siswa dengan sampel penelitian yang berjumlah 79 siswa.. Teknik pengumpulan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik diantaranya, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heterokesdastisitas, uji autokorelasi pada pengujian hipotesis yaitu menggunakan uji F, uji R2 dan uji t. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22.00 for windows. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa: Terdapat pengaruh media sosial, perhatian orang tua, dan minat belajar terhadap hasil belajar. Hasil analisis regresi berganda diketahui nilai F-hitung sebesar 9,572 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa media sosial (X1), perhatian orang tua (X2), dan minat belajar (X3) memiliki pengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap hasil belajar (Y). Yang diperkuat oleh hasil uji t yaitu (1) terdapat pengaruh media sosial terhadap hasil belajar (X1). (2) terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar (X2). (3) terdapat minat belajar terdapat hasil belajar (X3). Media sosial, perhatian orang tua, dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Dengan adanya media sosial yang baik disertai dengan perhatian orang tua yang baik dan hasil belajar yang baik maka akan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh media sosial, perhatian orang tua, dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Ma’arif 02 Kota Malang. (2) mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Ma’arif 02 Kota Malang. (3) Mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Ma’arif 02 Kota Malang. (4) Mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Ma’arif 02 Kota Malang. Jenis penelitian menggunakan penelitian ex-post-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang yang berjumlah 320 siswa dengan sampel penelitian yang berjumlah 79 siswa.. Teknik pengumpulan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik diantaranya, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heterokesdastisitas, uji autokorelasi pada pengujian hipotesis yaitu menggunakan uji F, uji R2 dan uji t. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22.00 for windows. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa: Terdapat pengaruh media sosial, perhatian orang tua, dan minat belajar terhadap hasil belajar. Hasil analisis regresi berganda diketahui nilai F-hitung sebesar 9,572 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa media sosial (X1), perhatian orang tua (X2), dan minat belajar (X3) memiliki pengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap hasil belajar (Y). Yang diperkuat oleh hasil uji t yaitu (1) terdapat pengaruh media sosial terhadap hasil belajar (X1). (2) terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar (X2). (3) terdapat minat belajar terdapat hasil belajar (X3).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media sosial, perhatian orang tua, minat belajar, hasil belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:31
Last Modified: 23 Feb 2023 06:31
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5228

Actions (login required)

View Item View Item