Pengaruh Minat, Kreatifitas Dan disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pakisaji Mata Pelajaran IPS Terpadu)

Lamberu, Marce Paji (2018) Pengaruh Minat, Kreatifitas Dan disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pakisaji Mata Pelajaran IPS Terpadu). Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak hal diantaranya yaitu minat, kreativitas dan disiplin belajar. Dengan adanya minat, kreativitas dan disiplin belajar yang baik maka seseorang akan mendapatkan hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui pengaruh minat, kreativitas dan disiplin belajar terhadap hasil belajar (2) mengetahui pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa (3) mengetahui pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar siswa (4) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penjelasan atau eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pakisaji yang berjumlah 70 siswa dan jumlah pupolasi ini akan dijadikan sampel semua. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis statistik deskriptif dengan menggunakan program SPSS 16.00 for windows. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan minat, kreativitas dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji F dengan nilai signifikan sebesar 0.000, yang artinya < dari 0.05; (2) ) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan minat terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0.002; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kreativitas terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0.000; (4) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0.047.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minat, Kreativitas, Disiplin Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:32
Last Modified: 23 Feb 2023 06:32
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5229

Actions (login required)

View Item View Item