Pengaruh Lingkungan Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Minat Belajar (Studi Pada Siswa Kelas Vii Mata Pelajaran Ips Terpadu Di SMP Negeri 6 Singosari)

Sudiani, Katarina Nuryati (2018) Pengaruh Lingkungan Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Minat Belajar (Studi Pada Siswa Kelas Vii Mata Pelajaran Ips Terpadu Di SMP Negeri 6 Singosari). Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses belajar agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi pada dirinya. Pendidikan dalam artian luas menunjukkan pada tindakan atau pengalaman yang mempunyai pengaruh dan berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan jiwa, watak, atau kemampuan fisik individu. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu diluar diri. Minat dapat dipengaruhi oleh lingkungan belajar, kemandirian belajar, dan fasilitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan secara simultan antara Lingkungan belajar, Kemandirian belajar, dan Fasilitas belajar Terhadap Minat belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 6 Singosari. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan secara parsial antara Lingkungan belajar Terhadap Minat belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 6 Singosari. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan secara parsial antara Kemandirian belajar Terhadap Minat belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 6 Singosari. (4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan secara parsial antara Fasilitas belajar Terhadap Minat belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 6 Singosari. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian ex-post-facto. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negerei 6 Singosari sebanyak 207 siswa dengan responden sebanyak 56 siswa. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan teknik proporsional random sampling. Metode yang di gunakan adalah regresi linier berganda, pengaruh antara variabel yang diteliti dan dijelaskan. Regresi linier berganda adalah suatu metode statistik umum yang digunakan untuk meneliti pengaruh antara variabel terikat dengan variabel bebas, Regresi linier berganda bisa mengandung dua atau lebih variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) ada pengaruh secara simultan atau bersama-sama lingkungan belajar, kemandirian belajar, dan fasilitas belajar terhadap minat belajar, (2) ada pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap minat belajar, (3) ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap minat belajar, (4) ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap minat belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar, Kemandirian Belajar, Fasilitas Belajar, Minat Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:31
Last Modified: 23 Feb 2023 06:31
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5232

Actions (login required)

View Item View Item