Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X MMD Di SMK Negeri 5 Malang Tahun Ajaran 2017/2018

Arnando, Frengky (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X MMD Di SMK Negeri 5 Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah posttets only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 5 Malang pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah siswa kelas X–MMD, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel yang digunakan terdiri dari 72 siswa yang terbagi dalam satu kelompok kelas eksperimen dan satu kelompok kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes pemahaman konsep dan angket (kuesioner) motivasi belajar. Analisis data menggunakan analisis varian anova dua jalur (two way anova). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan taraf signifikan 0,011 < 0,05. Dengan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 82,53 dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional adalah 78,67. (2) Ada perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Dengan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi adalah 83,87 dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah adalah 78,12. (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan motivasi terhadap pemahaman konsep fisika. Dengan taraf signifikan 0,729 > 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Probelm Based Learning (PBL), Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:59
Last Modified: 23 Feb 2023 06:59
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5236

Actions (login required)

View Item View Item