Hinul, Matildis (2018) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Suhu Dan Perubahannya Kelas VII SMP Negeri 23 Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada ranah kognitif siswa pada materi suhu dan perubahannya kelas VII SMP Negeri 23 Malang dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 23 Malang tahun ajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa 36 siswa yang terdiri dari 20 perempuan dan 16 laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 79% dengan kualifikasi baik dan pada siklus II sebesar 97% dengan kualifikasi sangat baik. sedangkan untuk persentase motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 72% dengan kualifikasi baik dan pada siklus II adalah 85% dengan kualifikasi baik. Sementara persentase hasil belajar pada ranah kognitif siswa pada siklus I sebesar 63% dengan kualifikasi cukup baik dan pada siklus II meningkat menjadi 85% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Ranah Kognitif Siswa pada Materi Suhu dan Perubahannya Kelas VII SMP Negeri 23 Malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Cycle 5E, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 06:59 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 06:59 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5238 |
Actions (login required)
View Item |