Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Singosari

Katoda, Karolus (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Singosari. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Model pembelajaran Problem Solving, kemampuan berpikir kreatif, prestasi belajar. Model pembelajaran problem solving dapat membiasakan siswa untuk menghadapi masalah dan memecahkan masalah secara terampil. Model pembelajaran ini merangsang pengembangan kemampuan berpikir siswa secara kreatif dan menyeluruh, karena dalam proses belajaranya, siswa banyak melakukan proses runtut dengan menyoroti permasalahan dari berbagai segi dalam rangka mencapai pemecahannya, akan tetapi kemampuan berpikir kreatif siswa yang berbeda-beda akan berpengaruh pada prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untu mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem solving dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional, serta interaksi antara model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Singosari. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dan diperoleh dua kelas yang teridiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar siswa diukur menggunakan butir-butir soal. Data yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar dianalisis dengan uji ANOVA dua jalur dengan bantuan SPSS 22.0 for Windows pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem solving dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional, serta ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Problem Solving, kemampuan berpikir kreatif, Prestasi Belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:57
Last Modified: 23 Feb 2023 06:57
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5243

Actions (login required)

View Item View Item