Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Multirepresentasi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa

Armasita, Vellina Retno (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Multirepresentasi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Problem Based Learning Berbasis Multirepresentasi, Penguasaan Konsep, Sikap Ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan penguasaan konsep fisika, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis multirepresentasi dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), (2) mengetahui perbedaan penguasaan konsep fisika, antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dengan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah, (3) mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis multirepresentasi terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari sikap ilmiah. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Al Hidayah wajak semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah terdiri dari 48 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest only control group design, dan menggunakan analisis data anova dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan penguasaan konsep fisika, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based learning (PBL) berbasis multirepresentasi dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Taraf signifikan yang diperoleh adalah 0,018 < 0,05. Nilai rata-rata penguasaan konsep fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based learning (PBL) berbasis multirepresentasi adalah 82,92 dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) adalah 77,21. (2) Ada perbedaan penguasaan konsep fisika, antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah. Taraf signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata penguasaan konsep siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi adalah 85,3 dan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah 76,32. (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran Problem Based learning (PBL) berbasis multirepresentasi terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari sikap ilmiah. Taraf signifikan yang diperoleh 0,682 > 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning Berbasis Multirepresentasi, Penguasaan Konsep, Sikap ilmiah
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:57
Last Modified: 23 Feb 2023 06:57
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5244

Actions (login required)

View Item View Item