Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Probing Prompting Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Prestasi Belajar Siswa

Day, Enjulse Rambu (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Probing Prompting Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Prestasi Belajar Siswa. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Discovery Learning, Probing Prompting, Motivasi Belajar Prestasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model discovery learning dan metode probing prompting dengan model pembelajaran konvensional (discovery learning); (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan model discovery learning dan metode probing prompting dengan model pembelajaran konvensional (discovery learning); (3) mengetahui interaksi antara model discovery learning dan metode probing prompting dengan motivasi terhadap prestasi belajar siswa yang dilakukan di SMP Negeri 2 Bululawang pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan posttest only control design group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan sampel penelitian terdiri dari 30 kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Pengambilan data angket motivasi belajar dan tes prestasi belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan uji varian (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan motivasi belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning dengan probing prompting dan siswa yang belajar menggunakan model discovery learning dengan nilai Fhitung = 18.645 ≥ Ftabel = 0,361 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. (2) Ada perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning dengan probing prompting dan siswa yang belajar menggunakan model discovery learning dengan nilai Fhitung= 19,101 ≥ Ftabel= 0,361 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. (3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model discovery learning dengan probing prompting dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung = 1,013 ≥ Ftabel= 0,361 pada taraf signifikan 0,318 < 0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran fisika dengan menggunakan model discovery learning dengan metode probing prompting berpengaruh secara positif terhadap motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa, namun model pembelajaran dan motivasi belajar siswa memberikan pengaruh secara terpisah terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Probing Prompting, Motivasi Belajar Prestasi Belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:58
Last Modified: 23 Feb 2023 06:58
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5248

Actions (login required)

View Item View Item