Pengaruh Model Pembelajaranproblem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Di Tinjau Dari Gaya Kognitif Siswa

Wulandari, Sinta Agustina (2018) Pengaruh Model Pembelajaranproblem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Di Tinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Problem Based Learning (PBL), Berfikir Kritis, Gaya Kognitif Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) mengetahui perbedaan antara gaya kognitif siswa yang menggunakan gaya kognitif Field Independent dan gaya kognitif Field Dependent, (3) mengetahui pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model konvensional terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen, semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Jumlah sampel penelitian ini adalah 60 siswa terdiri dari dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan menggunakan kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2, desain penelitian ini adalah posttest only control group design, metode analisis data yang digunakan adalah uji anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Taraf signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. (2) Ada perbedaan antara gaya kognitif siswa yang menggunakan gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent. Taraf signifikan yang diperoleh adalah 0,005 < 0,05. (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Taraf signifikan yang diperoleh adalah 0,654 > 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Berfikir Kritis, Gaya Kognitif
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:56
Last Modified: 23 Feb 2023 06:56
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5253

Actions (login required)

View Item View Item