Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Bululawang

Tefa, Irene Dominika (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Bululawang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Problem Based Learning, Keaktifan, Prestasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan keaktifan siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dan siswa yang belajar menggunakan model konvensional; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dan siswa yang belajar menggunakan model konvensional yang dilakukan di SMPN 2 Bululawang pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Postest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random sampling. Pengambilan data menggunakan lembar observasi dan tes prestasi belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan uji Manova. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) adanya perbedaan keaktifan belajar siswa yang menggunkaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang belajar menggunkan model pembelajaran konvensional dengan nilai Fhitung < Ftabel {0,038 < 0.05} (2) adanya perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang belajar menggunkaan model konvensional dengan nilai Fhitung < Ftabel {0.004 < 0.05}. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan dampak positif terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa yaitu keaktifan dan prestasi belajar siswa lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunkan model pembelajaran konvensional. Model PBL terbukti mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, sekiranya dapat digunakan dalam pembelajaran fisika sehingga tujuan pembelajaran fisika dapat dicapai dengan optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Keaktifan, Prestasi Belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:56
Last Modified: 23 Feb 2023 06:56
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5254

Actions (login required)

View Item View Item