Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Fisika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 17 Malang

Minda, Maria Yasinta (2018) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Fisika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 17 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), kemampuan Berpikir kritis, Pemahaman Konsep Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa pada materi cahaya dan optik kelas VIII SMP Negeri 17 Malang melalui model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 17 Malang yang berjumlah 29 siswa. Prosedur penelitian (a) Perencanaan, (b) Tindakan, (c) Pengamatan, (d) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari segi aspek yaitu indikator-indikator berpikir kritis yakni siklus I 77,06% dan siklus II 89,43%. Pemahaman konsep siswa juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata pra siklus 59,58%, siklus I menjadi 74,41%, dan siklus II menjadi 84,98%. Hal ini disebabkan pada siklus I masih banyak siswa yang belum terbiasa dengan intruksi dari guru saat pembelajaran diterapkan. Memberi intruksi dari guru seperti memberi tugas-tugas dan melakukan kegiatan praktikum saat pembelajaran pada siklus II sangat membantu sekali terhadap hasil tes akhir yang digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan siswa dalam belajar. Pada saat diminta untuk mempraktikan suatu percobaan siswa tampak kurang bersemangat karena mereka takut salah, akan tetapi semua itu dapat diatasi dengan memberikan arahan dan motivasi kepada siswa, maka pada akhirnya situasi lebih hidup didalam kelas dan siswa lebih antusias dalam menjawab semua pertanyaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning),kemampuan Berpikir kritis, Pemahaman Konsep
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:56
Last Modified: 23 Feb 2023 06:56
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5255

Actions (login required)

View Item View Item