Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Elastisitas Siswa Kelas X Smk Negeri 10 Malang

Sulas, Marselina (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Elastisitas Siswa Kelas X Smk Negeri 10 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Berpikir Kritis,Hots Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berikir kritis dan higher order thinking skill (Hots) melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dari pada siswa yang belajar melalui Konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pretest dan posttest only control group design. Sampel penelitian terdiri dari 36 siswa pada kelas X TKJ4 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas X TKJ2 sebagai kelas kontrol di SMK Negeri 10 Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Hots), kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikan 5% dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peningkatan keterampilan berpikir kritis yang belajar melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dari pada siswa yang belajar melalui konvensional dengan nilai Fhitung sebesar 7.462 pada taraf signifikansi 0.008 < 0.05. 2) Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Hots) yang belajar melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dari pada siswa yang belajar melalui konvensional.dengan nilai Fhitung sebesar 4.241 pada taraf signifikansi 0.043 < 0.05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran fisika dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah berpengaruh secara positif terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Hots)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Critical Thinking Skills, Higher Order Thingking Skills (Hots)
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:56
Last Modified: 23 Feb 2023 06:56
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5258

Actions (login required)

View Item View Item