Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Demonstas Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Angkasa Singosari

Inceh, Helvini Nona (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Demonstas Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Angkasa Singosari. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis demonstrasi, Keaktifan, prestasi belajar.Tujuan dari penelitian ini,Untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran untuk meningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa SMP Angkasa Singosari melalui model pembelajaran problem solving.Untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem solving berbasis demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas SMP Angkasa Singosari.Untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem solving berbasis demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Siklus I membahas tentang materi Hukum Newton sedangkan Siklus II membahas materi penerapan Hukum Newton. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 di kelas VIII B Smp Angkasa Singosari. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, rata-rata kualitas keterlaksanaan pembelajaran oleh kedua pengamat yaitu pada siklus I sebesar 68,58% dengan kategori cukup baik sedangkan pada siklus II sebesar 93,64% dengan kategori baik. Sedangkan dari analisis keaktifan yang dicapai oleh siswa pada siklus I dengan rata-rata 72,32% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 80,50%. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi belajar siswa pada pra tindakan dengan rata-rata perentase sebesar 77%, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 77,25% dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II sebesar 79,25%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem solving Berbasis Demonstrasi pada hukum newton dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII B Smp Angkasa Singosari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis demonstrasi, Keaktifan, prestasi belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:57
Last Modified: 23 Feb 2023 06:57
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5262

Actions (login required)

View Item View Item