Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Malang

Ba’a, Stephanie Bigard Ansbi (2018) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis, Prestasi Belajar. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui Kualitas Keterlaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Malang; 2) Mengetahui Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Malang dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; 3) Mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Malang dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) . Ruang lingkup peneltian ini adala kelas VIII E SMP Negeri 17 Malang tahun ajaran 2018/2019. Jumlah siswa 24 orang, 15 laki-laki dan 9 orang prempuan. Nilai kempuan berpikir kritis diperoleh dari tes kemampuan berpikir , sedangkan nilai prestasi belajar diperoleh dari tes hasil belajar siswa diakhir tiap siklus. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, rata-rata kualitas keterlaksanaan pembembelajaran oleh kedua pengamat yaitu pada siklus I sebesar 78,31% dengan kategori Cukup Baik sedangkan pada siklus II sebesar 85,77% dengan kategori sangat Baik. Sedangkan dari analisi kemampuan berpikri kritis yang dicapai oleh siswa pada siklus I 73,17% dan mengalami pendingkatan pada siklus II sebesar 88,67%. Peningkatan ini juga terjadi pada Prestasi Belajar pada siklus I 73,43 % sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 81,76%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 17 Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis, Prestasi Belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:57
Last Modified: 23 Feb 2023 06:57
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5263

Actions (login required)

View Item View Item