Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Kelas X

Amin, Muhammad Ruhil (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Kelas X. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Modul, Problem Based Learning (PBL), Motivasi Belajar Kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran fisika membuat presatasi siswa menurun itu di sebabkan proses pembelajaran didalam kelas lebih diarahkan kepada kemampuan untuk menghafal informasi. Guru di kelas menggunakan media berupa modul dengan metode ceramah, yang membuat anak bosan dan mengantuk. Modul yang digunakan siswa SMK Negeri 5 Malang saat ini belum mampu meningkatkan motivasi siswa dan tidak dapat digunakan secara mandiri oleh siswa. Tujuan dari penelitan ini adalah mendapatkan modul fisika berbasis problem based learning pada materi listrik dinamis untuk meningkatkan motivasi siswa SMK, mengetahui bagaimana kelayakan serta respon siswa terhadap modul tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitan dan pengembangan. Prosedur penelitian yang digunakan memodifikasi dari langkah-langkah penelitian yang dikemukan oleh Borg & Gall. Borg & Gall menyatakan bahwa terdapat sepuluh langkah penelitian dan pengembangan. Namun dalam penelitian ini mengambil lima langkah awal yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, dan revisi hasil uji coba. modul ini di uji kelayakan modul menggunakan angket validasi dan respon siswa Hasil penelitian modul pembelajaran berbasis problem based learning pada materi litrik dinamis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kelayakan modul fisika menurut ahli media, dan ahli materi, dan dua guru bidang studi dari aspek kelayakan isi 91.5 % (sangat valid), aspek kelayakan penyajian 95 % (sangat valid), aspek kelayakan bahasa 80 % (cukup valid). Respon siswa terhadap modul fisika berbasis PBL diperoleh presentase 90.8 % pada aspek isi modul, pada aspek tampilan modul memperoleh presentase 86.5 %, dan aspek ketermanfaatan presentase memperoleh 90.6 %. Motivasi sebelum penyajian modul memperoleh presentase 75.3 %, dan motivasi sesudah penyajian modul memperoleh presentase 88.8 %, Peningkatan motivasi belajar pada siswa sebelum dan sesudah penyajian modul adalah 13.5 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modul, Problem Based Learning (PBL), Motivasi Belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:56
Last Modified: 23 Feb 2023 06:56
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5265

Actions (login required)

View Item View Item