Perbedaan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Gaya Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Di SMP Yapenas Gempol Tahun Ajaran 2016/2017

Avrilia, Varisa (2017) Perbedaan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Gaya Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Di SMP Yapenas Gempol Tahun Ajaran 2016/2017. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Model pembelajaran discovery learning dan problem based learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang sudah tercantum pada kurikulum 2013. Model pembelajaran ini menekankan pada penemuan konsep dan pemecahan masalah oleh siswa. Untuk itu, guru perlu adanya model pembelajaran yang tepat agar pemahaman siswa terhadp konsep fisika dapat terwujud. Peningkatan pemahaman konsep siswa juga dipengaruhi oleh gaya kognitif. Karakteristik gaya kognitif setiap siswa perlu dipertimbangkan dalam memilih model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran model pembelajaran problem based learning (PBL). (2) Perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang mempunyai gaya kognitif field independent dan siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependent. (3) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Yapenas Gempol tahun pelajaran 2016/2017. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 64 siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Adanya perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) (0,004 ≤ 0,05). (2) Adanya perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang mempunyai gaya kognitif field independent dan siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependent (0,009 ≤ 0,05). (3) Tidak adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep (0,234 ≥ 0,05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Gaya Kognitif
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: ?? Varisa Avrilia ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 09:33
Last Modified: 23 Feb 2023 09:33
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5310

Actions (login required)

View Item View Item