Pengaruh Penerapan Media Physics Education (PhyEdu) Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika

Nganut, Angelina (2019) Pengaruh Penerapan Media Physics Education (PhyEdu) Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran Physics Education (PhyEdu) dengan model Problem Based Learning dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran Physics Education (PhyEdu) dengan model Problem Based Learning dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui interaksi penggunaan media pembelajaran Physics Education (PhyEdu) dengan model Problem Based Learning terhadap motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan tipe Non-Randomize Control Group pretest and posttest Design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Malang pada tahun ajaran 2018/2019 yang melibatkan kelas XI MIPA III sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA VI sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakukan dengan menggunakan media pembelajaran Physics Educstion (PhyEdu) dengan model Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakukan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini uji hipotesis menggunakan Anova dengan aplikasi SPSS sehingga hipotesis yang akan diuji sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan media pembelajaran Physics Educstion dengan model Problem Based Learning dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,045 lebih kecil dari Sig. 0,05. (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa yang menggunakan media pembelajaran Physics Educstion dengan model Problem Based Learning dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,012 lebih kecil dari Sig. 0,05. (3) adalah tidak terdapat interaksi penggunaan media pembelajaran Physics Educstion dengan model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa ditunjukkan dengan sebesar 0,169 sebesar 4,15 dengan Taraf Signifikan 5%/0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Physics Education (PhyEdu), Model Problem Based Learnin, Motivasi, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: ?? Angelina Nganut ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 09:33
Last Modified: 23 Feb 2023 09:33
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5312

Actions (login required)

View Item View Item