Analisis Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Hukum Kekekalan Energi Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Dengan Formative Assessment (STADFA)

Zhili, Indriyati Natalia (2021) Analisis Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Hukum Kekekalan Energi Menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Dengan Formative Assessment (STADFA). Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui penguasaan konsep fisika siswa terhadap materi hukum kekekalan energi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran STADFA (Student Team Achievement Division dengan Formative Assessment).(2) Mengetahui perbedaan penguasaan konsep fisika siswa terhadap materi hukum kekekalan energi bagi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division dengan Formative Assessment (STADFA). Jenis penelitian yang digunakan adalah single-phase embedded experiments dan terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas penelitian ini yakni model pembelajaran STADFA sedangkan variabel terikat yakni penguasaan konsep fisika siswa. penelitian ini dilaksanakan di SMAK Yos Sudarso Kepanjen semester genap tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas X MIPA II. Data yang digunakan berupa tes esay beralasan dan hasil wawancara singkat untuk mengetahui kemampuan awal dan akhir siswa. Data pretest-posttest dianalisis menggunakan uji T dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penguasaan konsep awal siswa tergolong rendah dengan nilai rata-rata 54,16, (2) Ada perbedaan penguasaan konsep fisika siswa setelah menggunakan model pembelajaran STADFA dan sangat baik denganperolehan nilai rata-rata 85,52. Taraf signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Konsep, Hukum Kekekalan Energi, model pembelajaran STADFA
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: ?? Indriyati Natalia Zhili ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 09:32
Last Modified: 23 Feb 2023 09:32
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5314

Actions (login required)

View Item View Item