Analisis Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Formatif Asesmen

Tahan, Maria Regelinda (2021) Analisis Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Formatif Asesmen. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep siswa pada hukum Newton dan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pengguasaan konsep menggunakan inkuiri terbimbing dengan penilaian formatif. Rancangan penelitian adalah metode campuran dengan desain ekperimen tertanam. Sampel penelitian melibatkan 30 siswa. Penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda FCI dan wawancara singkat untuk mengetahui pemahaman awal dan akhir siswa. Pada pemahaman awal, siswa beranggapan dengan mesin roket mati maka tidak ada gaya atau dorongan lagi, maka arah roket akan berubah menurun, dengan mesin roket mati dorongan tidak lagi diberikan maka kelajuan dalam bergerak menurun, jika benda yang bergerak melingkar akan tetap berada pada lintasan berupa lingkaran meskipun benda tersebut sudah keluar dari jalur lintasannya, Kelajuan benda meningkat kemudian setelahnya menurun pada sistem yang dikenai gaya tetap, gaya terakhir menentukan arah bola, massa suatu benda menentukan besarnya gaya yang bekerja, gaya terjadi apabila ada perantara/mesin yang aktif. Pada pemahaman akhir, ketika mesin roket mati tetap ada gaya atau dorongan yang masih bekerja., dengan mesin roket mati dorongan tetap diberikan maka kelajuan dalam bergerak konstan, jika benda yang bergerak melingkar dan telah keluar jalur, lintasannya bukan lagi berupa lingkaran, ketika memberikan gaya konstan akan mempercepat sistem dengan percepatan yang konstan juga, dari percepaan ini sistem akan mengalami perubahan yang terus meningkat, gaya terakhir tidak menentukan arah bola, massa suatu benda tidak menentukan besarnya gaya yang bekerja, gaya tetap terjadi meskipun tidak ada perantara/mesin yang aktif. Selain itu penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan inkuiri terbimbing dengan penilaian formatif dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa secara signifikan, dengan N-gain = 0,72.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Penilaian, Penguasaan Konsep.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: ?? Maria Regelinda Tahan ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 09:32
Last Modified: 23 Feb 2023 09:32
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5316

Actions (login required)

View Item View Item