Paku, Kristogonus Laku (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dengan Bantuan Kartu Domino dalam Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-B SMP PGRI 03 Malang Tahun Pelajaran 2014-2015. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan lanjutan dari pendidikan Sekolah Dasar (SD). Pada tingkat inilah pembelajaran matematika di sajikan lebih sulit dari pendidikan sebelumnya, sajian yang sedikit lebih rumit ini banyak membuat siswa berpikir bahwa matematika sangatlah sulit untuk dipelajari dan di telaah lebih dalam. Pandangan siswa ini merupakan bentuk respon negatif dari pola pikirnya karena kurangnya aspek penunjang dalam pembelajaran matematika seperti penyedian media, bentuk pembelajaran yang membosankan, maupun dari kemauan siswa itu sendiri. Salah satu cara pengajaran matematika yang mampu membuat siswa aktif berpikir adalah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe scramble. Pembelajaran kooperatif tipe Scramble menyajikan suasana yang menyenangkan dan dapat menghilangkan kejenuhan siswa dalam pembelajaran matematika. Namun, untuk membuat siswa lebih tertarik dengan model pembelajaran yang disajikan maka, peneliti coba mengaplikasikan model pembelajaran scramble dengan bantuan kartu domino. Alasan peneliti menggunakan kartu domino sebagai alat bantu dalam mengaplikasikan model pembelajaran scramble, karena dianggap lebih cocok. Keduanya saling mendukung dan sama-sama menawarkan kepada siswa suatu pembelajaran yang lebih menarik karena dasarnya adalah meminta siswa untuk aktif menyelesaikan dan mencari jawaban atas pertanyaan maupun soal-soal yang disajikan. Dengan begitu, melalui bantuan kartu domino, maka model pembelajaran scramble secara efisien dapat terlaksana denga baik. Materi yang digunakan dalam penelitian ini, adalah pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dengan bantuan kartu domino. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP PGRI 03 Malang tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 18 siswa. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 19 sampai 26 Mei 2015. Teknik pengambilan datanya menggunakan dokumentasi, pemberian tes, observasi (pengamatan), catatan lapangan, lembar penilaian motivasi, dan tes akhir siklus. Analisis data dilakukan berdasarkan kriteria keberhasilan yaitu kriteria keberhasilan belajar yang dinilai dari tes akhir siklus, kriteria keberhasilan proses yang dinilai dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, kriteria keberhasilan motivasi yang dinilai dari lembar observasi siswa dan lembar penilaian motivasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif tipe scramble, pertidaksamaan linear satu variabel, kartu domino, hasil belajar, motivasi belajar |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | ?? Kristogonus Laku Paku ?? |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 13:36 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 13:36 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5326 |
Actions (login required)
View Item |