Penerpan Strategi Active Knowlegde Sharing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Katolik Yos Sudarso Kepanjen Tahun Pelajaran 2016/2017

Hutagaol, Toni (2017) Penerpan Strategi Active Knowlegde Sharing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Katolik Yos Sudarso Kepanjen Tahun Pelajaran 2016/2017. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada di SMP Katolik Yos Sudarso Kepanjen ditemukan bahwa, selama ini guru masih menerapkan pola pembelajaran konvensional yaitu dengan metode ceramah. Sehingga membuat kegiatan belajar yang membosankan serta membuat keadaan kelas menjadi ramai dan membuat siswa tidak bisa menerima pelajaran dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan Strategi Active Knowlegde Sharing pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian ini menngunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Katolik Yos Sudarso Kepanjen tahun pelajaran 2016/2017 terdiri dari 14 siswa. Kriteria keberhasilan penelitian ini dapat dikatakan tuntas belajar jika memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal yaitu ≥75% siswa mendapatkan nilai minimal 75. Prosedur pengumpulan data ini meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Pada penerapan penelitian ini adalah menyampaikan materi yang akan dipelajari yaitu sistem persamaan linear dua variabel. Sebelum memulai pembelajaran peneliti mengkaitkan materi sistem persamaan linear dua variabel dalam kehidupan sehari – hari dengan bercerita. Setelah menjelaskan materi peneliti memberi soal untuk dikerjakan siswa. Selesai itu siswa untuk berdiskusi kepada teman sebangku untuk mendapatkan jawaban yang tidak bisa dikerjakan. Setelah selesai berdiskusi siswa kembali ketempat duduk asal. Peneliti meminta kepada siswa untuk menjawab soal pertanyaan untuk kerjakan di papan tulis, yang tidak bisa menjawab soal untuk dikerjakan bersama dengan peneliti. Sebelum dilakukan tes, peneliti menanyakan kembali kepada siswa materi yang belum dipahami. Peneliti membagikan lembar soal tes pada setiap siswa. Peneliti menyampaikan bahwa siswa di minta untuk mengerjakan secara individu agar mendapatkan hasil yang maksimal. Peneliti membantu siswa dalam menyimpulkan materi yang telah dipelajari yaitu menentukan metode eliminasi, metode grafik, serta menyelesaikan persoalan dikehidupan sehari-hari. Setelah menyimpulkan, peneliti memberikan pekerjaan rumah sebagai latihan dan akan di bahas pada pertemuan berikutnya. Hasil penelitian ini menunjukan (1) persentase ketuntasan hasil belajar matematika meningkat dari tindakan I 85,71% menjadi tindakan II 92,85 %; (2) siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran dikelas. Dengan demikian penelitian menggunakan Strategi Active Knowlegde Sharing dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Katolik Yos Sudarso Kepanjen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Active Knowlegde Sharing, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Toni Hutagaol ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:35
Last Modified: 23 Feb 2023 13:35
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5327

Actions (login required)

View Item View Item