Peningkatan Prestasi Belajar Materi Matriks Melalui Model Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas X Adp 1 Smk Pgri Sumbermanjing Kabupaten Malang

Taufiq, Agus (2016) Peningkatan Prestasi Belajar Materi Matriks Melalui Model Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas X Adp 1 Smk Pgri Sumbermanjing Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas X ADP 1 berlangsung secara monoton dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diakhiri penugasan. Selain itu, siswa lebih banyak memperhatikan penjelasan guru, menjawab pertanyaan yang diajukan guru secara lisan, dan mengerjakan contoh soal yang diberikan serta mencatat hal-hal yang ditulis guru di papan tulis. Hal ini mengakibatkan prestasi belajar siswa menurun. Oleh karena itu, perlu digunakan model pembelajaran yang lebih bervariasi guna mengoptimalkan potensi siswa. Model pembelajaran tersebut adalah Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran model think pair share (TPS) yang dapat meningkatkan prestasi belajar materi matriks pada siswa kelas X ADP 1 SMK PGRI Sumbermanjing Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X ADP 1 SMK PGRI Sumbermanjing Kabupaten Malang pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tulis dan observasi. Pembelajaran dengan model think pair share (TPS) yang dapat meningkatkan prestasi belajar dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut. (1) Tahap 1 thinking (berfikir), guru memberikan lembar kerja siswa (LKS) yang berhubungan dengan materi, kemudian meminta siswa menggunakan waktu beberapa menit untuk memikirkan masalah yang ada dalam lembar kerja siswa (LKS) tersebut. 2) Tahap 2 pairing (berpasangan), guru meminta siswa untuk berpasangan dengan teman sebangkunya untuk mendiskusikan permasalahan pada tahap pertama. 3) Tahap 3 sharing (berbagi), pada tahap sharing guru meminta pasangan siswa untuk berbagi hasil diskusi yang telah mereka bicarakan kepada teman satu kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar matematika meningkat dari 72,22% siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 83,33% siswa yang tuntas pada siklus II. Dengan demikian, prestasi siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,11%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Disarankan kepada guru bidang studi hendaknya mempersiapkan media pembelajaran seperti lembar kerja siswa (LKS) dan powerpoint dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share (TPS), prestasi belajar, dan matriks
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Agus Taufiq ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:35
Last Modified: 23 Feb 2023 13:35
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5328

Actions (login required)

View Item View Item