Pembelajaran Matematika Melalui Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII-A SMP PGRI 6 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018

Trisnawati, Lia Mei (2018) Pembelajaran Matematika Melalui Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII-A SMP PGRI 6 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas VII-A berlangsung secara monoton dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diakhiri penugasan. Selain itu, siswa lebih banyak menghafal rumus daripada memahami proses menemukan rumus. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang melibatkan siswa agar aktif menemukan sendiri pengetahuan. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah reciprocal teaching. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran reciprocal teaching yang dapat meningkatkan hasil belajar pada materi aritmetika sosial dan (2) mendeskripsikan besarnya peningkatan hasil belajar pada siswa kelas VII-A SMP PGRI 6 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP PGRI 6 Malang pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar matematika meningkat dari 71,42% siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 89,29% siswa yang tuntas pada siklus II. Dengan demikian, hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 17,87%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model reciprocal teacing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP PGRI 6 Malang. Saran untuk penelitian ini, perlu adanya penelitian lebih lanjut lagi karena penelitian ini hanya dilakukan di SMP PGRI 6 Malang. Untuk peneliti lain hendaknya model reciprocal teaching ini bisa dibuat rujukan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, Aritmetika Sosial
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Lia Mei Trisnawati ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:35
Last Modified: 23 Feb 2023 13:35
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5329

Actions (login required)

View Item View Item