Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII B SMP As Shodiq Bululawang Tahun Pelajaran 2016/2017

Arinanto, Devit (2017) Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII B SMP As Shodiq Bululawang Tahun Pelajaran 2016/2017. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini fokus membahas hasil penerapan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis kontekstual. Berdasarkan pengamatan peneliti, pembelajaran belum tercapai secara optimal, hal ini diperkuat dengan data dari guru bidang studi bahwa hanya 25% siswa yang dapat nilai lebih dari KKM yaitu ≥75. Mengacu dari beberapa faktor yang peneliti temukan pada saat penelitian awal, maka peneliti menerapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual yaitu pendekatan dengan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi yang disajikan dengan situasi nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pendekatan ini mengakui bahwa belajar hanya terjadi jika siswa memproses informasi atau pengetahuan baru sehigga dirasakan masuk akal sesuai dengan kerangka berpikir yang dimiliki oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis kontekstual pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan dilaksanakan pada siswa kelas VIII B SMP As Shodiq Bululawang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 20 siswa. Dalam pembelajaran ini siswa dikatakan tuntas belajar jika memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal yaitu ≥80 siswa mendapat nilai minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) presentase ketuntasan hasil belajar matematika meningkat dari 65% siswa pada siklus I menjadi 85% pada siklus II; (2) siswa memberikan respon positif dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP As Shodiq Bululawang. Untuk menimbulkan keaktifan pada siswa disarankan kepada guru hendaknya penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual dapat digunakan bahan masukan untuk diterapkan di kelas. Bagi peneliti lain hendaknya dapat digunakan sebagai acuan dalam merancang penelitian lain, baik dalam mata pelajaran matematika atau bidang ilmu pengetahuan lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Devit Arinanto ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:35
Last Modified: 23 Feb 2023 13:35
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5330

Actions (login required)

View Item View Item