Penerapan Model Numbered Heads Together Berbantuan Media Stayrofoam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 4 Lawang Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2017/2018

Istiqomah, Nuriya (2018) Penerapan Model Numbered Heads Together Berbantuan Media Stayrofoam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 4 Lawang Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas VIII berlangsung secara konvensional dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diakhiri penugasan. Selain itu, siswa lebih banyak menghafal rumus daripada memahami proses menemukan rumus. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Oleh karena itu, perlu diterapkan model dan media pembelajaran yang melibatkan siswa agar aktif menemukan sendiri pengetahuan. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran NHT dengan berbantuan media stayrofoam. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran NHT berbantuan media stayrofoam yang dapat meningkatkan hasil belajar pada materi luas juring dan (2) mendeskripsikan besarnya peningkatan hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lawang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lawang pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 siswa dan peneliti sendiri yang berperan sebagai guru pada penelitian ini. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, catatan lapangan, dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model alir (flow model) yang meliputi: (a) mereduksi data, (b) menyajikan data, dan (c) menarik kesimpulan. Hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar matematika secara klasikal meningkat dari siklus sebelumnya yaitu 66,67% siswa yang tuntas menjadi 91,67%. Dengan demikian, hasil belajar siswa pada siklus selanjutnya mengalami peningkatan sebesar 25%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbantuan media stayrofoam dengan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lawang. Saran untuk guru hendaknya menerapkan model NHT berbantuan media stayrofoam pada pembelajaran luas juring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Numbered Heads Together, media pembelajaran stayrofoam, hasil belajar.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Nuriya Istiqomah ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:35
Last Modified: 23 Feb 2023 13:35
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5331

Actions (login required)

View Item View Item