Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pokok Bahasan Himpunan

Setyowati, Harris (2017) Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pokok Bahasan Himpunan. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pendekatan Saintifik merupakan pendekatan yang diterapkan dalam kurikulum 2013. Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/ mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Saintifik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP PGRI 01 Wonosari Kabupaten Malang, yang terdiri dari 24 siswa. Tindakan pada penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Siklus pertama dan siklus kedua dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) lembar observasi guru dan siswa, (2) catatan lapangan, (3) wawancara, dan (4) tes individu. Pendekatan Saintifik dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Tahap awal merupakan tahap pendahuluan, tahap inti adalah pelaksanaan langkah-langkah Pendekatan Saintifik, dan tahap akhir peneliti menyimpulkan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Berdasarkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dinyatakan bahwa hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan belajar 79,1%, aktivitas guru 82%, kegiatan siswa 78,75%. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II menunjukkan persentase ketuntasan belajar 83,3%, aktivitas guru 84,61%, dan kegiatan siswa 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP pokok bahasan Himpunan. Saran yang dapat disampaikan adalah Pendekatan Saintifik dapat dijadikan sebagai variasi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lainnya seperti persamaan linier, operasi hitung bentuk aljabar, dan perbandingan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, pembelajaran matematika, hasil belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Harris Setyowati ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:36
Last Modified: 23 Feb 2023 13:36
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5334

Actions (login required)

View Item View Item