Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan Bantuan Dart Board Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matemaika Siswa MTS Hasanudin Ternyang Kabupaten Malang

Kurniawan, Dedi (2019) Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan Bantuan Dart Board Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matemaika Siswa MTS Hasanudin Ternyang Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan dengan pemilihan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi yang diteliti agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah kelas VII MTs Hasanudin Ternyang Kabupaten Malang.. Media pembelajaran berperan sebagai alat bantu mengajar yang ditata dan diciptakan oleh guru karena dapat mempengaruhi suasana dalam kelas. Oleh karena itu dilakukan pemilihan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi yang diteliti agar dapat memunculkan semangat belajar pada siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas VII MTs Hasanudin Ternyang Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini adalah data yang diperoleh dari hasil observasi, catatan lapangan, hasil tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama dan setelah pengumpulan data yaitu pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, keabsahan data yang meliputi ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil tes siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus, dengan persentase nilai awal siswa adalah 45% artinya ada 9 dari 20 siswa yang mencapai KKM yaitu 75,00. Skor rata-rata tes akhir pada siklus I adalah 76,5 dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 75% artinya ada 15 dari 20 siswa yang mencapai KKM, sedangkan skor rata-rata tes akhir pada siklus II adalah 90 dengan persentase ketuntasan klasikal adalah 90% artinya ada18 dari 20 siswa yang mencapai KKM. Ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari nilai awal, siklus I dan siklus II. Untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) dengan Bantuan Media Dart Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII MTs Hasanudin Ternyang Kabupaten Malang. Sehingga disarankan kepada seluruh guru terlebih guru matematika untuk menerapkan model pembelajaran ini atau model-model pembelajaran lain yang lebih variatif dengan pemilihan materi yang sesuai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament (TGT), Dart Board
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Dedi Kurniawan ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:36
Last Modified: 23 Feb 2023 13:36
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5335

Actions (login required)

View Item View Item