Rina, Rina (2019) Penerapan model Numbered Heads Together (NHT) berbantu kartu soal untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi Pertidaksamaan Linier Satu Variabel di SMP Islam Nurul Huda Poncokusumo Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses pembelajaran kelas VII A di SMP Islam Nurul Huda Poncokusumo Kabupaten Malang masih belum maksimal terbukti guru masih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa lebih banyak diam, mendengarkan dan mencatat penjelesan dari guru. Selain itu hasil wawancara dengan guru juga diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang mencapai KKM hanya 31,58% pada ulangan sebelumnya. Berdasarkan temuan peneliti tersebut, peneliti berkeinginan ntuk menerapkan model Numbered Heads Together (NHT) berbantu kartu soal untuk meningkatkan aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran guna meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Numbered Heads Together (NHT) berbantu kartu soal untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pertidaksamaan Linier Satu Variabel di SMP Islam Nurul Huda Poncokusumo Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Islam Nurul Huda semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Langkah-langkah pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada penelitian ini yaitu penomoran (numbering), mengajukan pertanyaan (questioning), berpikir bersama (heads together) dan menjawab (answering). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, catatan lapangan, wawancara dan soal tes. Analisis data dalam penelitian dilakukan setelah pengumpulan data yang meliputi tiga tahapan sebagai berikut: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan tiga cara yang meliputi: (1) ketekunan pengamatan, (2) triangulasi, (3) pemeriksaan sejawat dan guru matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII A meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I sebesar 78,1 % dan siklus II meningkat menjadi 87,5 % siswa yang tuntas belajar. Diharapkan bagi guru dapat menerapkan model Numbered Heads Together (NHT) sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numbered Heads Together (NHT), Kartu Soal, Hasil Belajar |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | ?? Rina ?? |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 13:36 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 13:36 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5336 |
Actions (login required)
View Item |