Pernerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII di SMP Negeri 17 Malang

Azizah, Azizah (2018) Pernerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII di SMP Negeri 17 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Kegiatan pembelajaran matematika yang kurang bervariasi membuat siswa merasa bosan, tidak menarik, sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini menyebabkan pemahaman konsep siswa menjadi rendah. Misalnya pada SMP Negeri 17 Malang, khususnya kelas VIIIC, pembelajaran masih menggunakan metode konvensional dimana pembelajaran masih berpusat pada guru. Berdasarkan kondisi seperti ini, maka diperlukan metode pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIIIC. Dari hal tersebut peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Dengan metode pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Adapun tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk menghasilkan diskripsi pembelajaran melalui Realistic Mathematics Education (RME) yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 17 Malang. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) lembar observasi guru dan siswa, (2) catatan lapangan, dan (3) tes, dan (4) dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC yang berjumlah 31 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa observasi, catatan lapangan, wawancara serta analisis data yang digunakan yaitu: mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) observasi, 3) catatan lapangan dan 4) wawancara. Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Pada pelaksanan siklus I presentase rata-rata pemahaman konsep siswa mencapai 73,39%, sedangkan pada pelaksanaan siklus II presentase rata-rata pemahaman konsep siswa mencapai 79,18%. Dengan demikian berdasarkan kriteria penilaian pemahaman konsep, maka dapat dinyatakan bahwa siswa telah memahami materi yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada guru matematika untuk mengajarkan matematika khususnya materi persamaan linear dua variabel dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Realistic mathematic eduaction (RME), Pemahaman Konsep
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Azizah ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:36
Last Modified: 23 Feb 2023 13:36
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5338

Actions (login required)

View Item View Item