Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik kelas VII MTs Sultan Agung Kabupaten Malang

Wulan, Endah Ratna (2018) Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik kelas VII MTs Sultan Agung Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII MTs Sultan Agung kabupaten Malang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Sultan Agung kabupaten Malang sebanyak kelas, dengan sampel penelitian kelas VII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 peserta didik dan kelas VII B sebagai kelas kontrol sebanyak 17 peserta didik. Pengambilan sampel ini didasari dengan nilai rata-rata kedua kelas tersebut yang tidak jauh berbeda. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan (treatment). Dalam uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data untuk hasil belajar matematika peserta didik dilakukan menggunakan uji independent sample t test. Hasil analisis data dengan menggunakan uji independent sample t test dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hal ini dilihat dari nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0,146 > 0,05 maka H0 ditolak (ada perbedaan rata-rata nilai hasil belajar matematika). Dengan demikian, adanya perbedaan rata-rata nilai hasil belajar matematika akhir (posttest) antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan bahwa model pembelajaran ARIAS berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII MTs Sultan Agung kab. Malang. Disarankan kepada guru mata pelajaran hendaknya mempertimbangakan agar menerapkan model pembelajaran ARIAS untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, ARIAS, Hasil Belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Endah Ratna Wulan ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:33
Last Modified: 23 Feb 2023 13:33
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5341

Actions (login required)

View Item View Item