Linola, Delima Mei (2017) Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan penalaran merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Pembelajaran yang menekankan pada aktivitas penalaran sangat erat kaitannya dengan pencapaian prestasi siswa yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita peserta didik SMAN 6 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA 4 tahun ajaran 2016/2017 di SMAN 6 Malang dengan jumlah peserta didik sebanyak 25. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Analisis data dilakukan berdasarkan hasil tes dan wawancara mengacu pada indikator kemampuan penalaran matematis. Indikator kemampuan penalaran matematis yang digunakan, yaitu : Melakukan manipulasi matematika; menyusun bukti dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi; menyajikan pernyataan matematika secara tertulism diagram, dan gambar; menarik kesimpulan pernyataan secara logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis kategori rendah sebesar 4%, peserta didik dapat melakukan manipulasi matematika dengan benar namun kurang lengkap, dapat menyusun bukti dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi dengan benar namun kurang lengkap, tidak dapat menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, diagram, dan gambar, dapat menarik kesimpulan pernyataan secara logis dengan benar dan lengkap. Peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis kategori sedang sebesar 32%, peserta didik dapat melakukan manipulasi matematika dengan benar namun kurang lengkap, dapat menyusun bukti dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi dengan benar namun kurang lengkap, dapat menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, diagram, dan gambar dengan benar namun kurang lengkap, dapat menarik kesimpulan pernyataan secara logis dengan benar namun kurang lengkap. Peserta didik dengan kemampuan penalaran matematis kategori tinggi, peserta didik dapat melakukan manipulasi matematika dengan benar dan lengkap, dapat menyusun bukti dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi dengan benar dan lengkap, dapat menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, diagram, dan gambar dengan benar dan lengkap, dapat menarik kesimpulan pernyataan secara logis dengan benar dan lengkap.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penalaran, Soal Cerita |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | ?? Delima Mei Linola ?? |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 13:33 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 13:33 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5342 |
Actions (login required)
View Item |