Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Bangun Datar dengan Model Pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKS pada Siswa Kelas VII SMP Islam Soerjo Alam

Susianti, Susianti (2018) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Bangun Datar dengan Model Pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKS pada Siswa Kelas VII SMP Islam Soerjo Alam. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi terutama pada mata pelajaran matematika menyebabkan siswa merasa jenuh, dan siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini dapat berakibat pada prestasi belajar siswa yang tidak memuaskan. Oleh karena itu, perlu digunakan model pembelajaran yang menyenangkan dan banyak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang membuat siswa seperti itu adalah discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran discovery learning yang dapat meningkatkan prestasi belajar materi bangun datar pada siswa kelas VII SMP Islam Soerjo Alam tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber penelitian adalah siswa kelas VII SMP Islam Soerjo Alam yang berjumlah 21 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar catatan lapangan, dan tes tertulis. Penelitian dengan model discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan langkah-langkah: (1) guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran; (2) guru membagi siswa menjadi 4 kelompok; (3) siswa diberikan stimulus melalui LKS; (4) siswa mengidentifikasi masalah yang ada pada LKS dengan bimbingan guru; (5) siswa mengumpulkan informasi dari berbagai sumber atau bertanya kepada guru; (6) siswa mengolah informasi/data yang diperoleh dengan bimbingan guru; (7) siswa melakukan pembuktian dan mempresentasikan di depan kelas; (8) guru bersama siswa membuat kesimpulan bersama. Kriteria keberhasilan pembelajaran materi bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dilihat dari adanya peningkatan ketuntasan tes dari siklus I ke siklus II. Hasil pembelajaran pada siklus I yaitu: (1) beberapa siswa tidak aktif mengikuti diskusi kelompok untuk menyelesaikan soal yang diberikan; (2) ada siswa yang mendominasi kegiatan mengerjakan tugas dalam kelompok; (3) siswa takut dan kurang percaya diri untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan mengerjakan soal di depan kelas; (4) pada saat presentasi berlangsung, ada anggota kelompok yang mengobrol dengan anggota kelompok lain; (5) hasil tes tulis menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 77,16. Siswa yang tuntas belajar hanya 16 siswa, sedangkan 5 lainnya belum tuntas. Karena peneliti belum puas dengan hasil belajar pada siklus I, maka peneliti melakukan siklus II dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I. Hasil pembelajaran pada siklus II yaitu: (1) semua anggota kelompok aktif dalam berdiskusi; (2) setiap anggota kelompok mengetahui tugas dan tanggung jawabnya dalam diskusi; (3) siswa tampil berani dan percaya diri untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan mengerjakan soal di depan kelas; (4) pada saat presentasi berlangsung, tidak ada anggota kelompok yang mengobrol dengan anggota kelompok lain, sehingga presentasi berjalan tertib; (5) hasil tes tulis menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 80,1 yang berarti bahwa mengalami kenaikan sebesar 2,94 dari siklus I, dan kelima siswa yang sebelumnya tidak tuntas menjadi tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dengan berbantuan LKS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Islam Soerjo Alam tahun ajaran 2017/2018. Adapun saran yang peneliti sampaikan adalah sebagai berikut: (1) Dalam pembentukan kelompok diskusi sebaiknya disesuaikan dengan karakter dan hubungan sosial antar siswa, sehingga diskusi bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan; (2) Pada saat kegiatan diskusi berlangsung, sebaiknya guru bertindak aktif untuk selalu memantau, membimbing, memotivasi, dan merespon agar aktivitas siswa berjalan sesuai dengan tujuan yang diinginkan; (3) Guru lebih mengalokasikan waktu dengan baik agar semua tujuan pembelajaran yang direncanakan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, LKS, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Susianti ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:33
Last Modified: 23 Feb 2023 13:33
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item