Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Statistika Di Kelas VII SMP PGRI 6 Malang Tahun Ajaran 2017/2018.

Lamawitak, Yuliana (2018) Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Statistika Di Kelas VII SMP PGRI 6 Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan informasi dari pendidik bidang studi matematika di kelas VII SMP PGRI 6 Malang, ditemukan bahwa prestasi belajar matematika yang dicapai peserta didik masih rendah. Hal ini dillihat dari nilai ulangan harian hanya 13 dari 30 peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Mereka beranggapan bahwa mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang paling sulit. Oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran adalah model pembelajaran NHT, model pembelajaran ini belajar matematika akan menjadi menyenangkan dan menjadi lebih bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran NHT terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B SMP PGRI 6 Malang sebanyak 30 peserta didik, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan peserta didik, catatan lapangan, dan tes. Langkah-langkah dalam pembelajaran dengan model NHT yang dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik adalah sebagai berikut. (1) Peneliti membagi peserta didik menjadi 6 kelompok yang berkemampuan heterogen (2) Peneliti membagikan nomor peserta didik (3) Peneliti menjelaskan materi (4) Peneliti mengajukan pertanyaan berupa soal-soal dalam LKPD (5) Peneliti memanggil peserta didik berdasarkan nomor kepala untuk mempresentasikan hasil diskusi (6) Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanngapi presentasi. Hasil belajar peserta didik secara klasikal yang memenuhi KKM (dalam bentuk persen) dengan model NHT sebelum dan setelah siklus 1 berturut-turut yaitu 23,53% dan 100%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT yang diterapkan di siklus I dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi statistika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together (NHT), Prestasi Belajar, Statistika, Model Pembelajaran
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Yuliana Lamawitak ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:35
Last Modified: 23 Feb 2023 13:35
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5345

Actions (login required)

View Item View Item