Penerapan Strategi Peta Konsep untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers pada Siswa Kelas XI MA. Sunan Ampel Poncokusumo Kabupaten Malang

Masluchi, Nur Faizatul (2018) Penerapan Strategi Peta Konsep untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers pada Siswa Kelas XI MA. Sunan Ampel Poncokusumo Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti, pembelajaran pada kelas XI MA. Sunan Ampel Poncokusumo belum tercapai secara optimal, hal ini diperkuat dengan data dari guru bidang studi bahwa hasilnya 57,2% siswa yang mendapatkan nilai lebih dari KKM yaitu ≥75 pada nilai UAS semester ganjil. Kenyataan ini dapat dipicu oleh banyak faktor, diantaranya adalah pemahaman konsep. Oleh sebab itu peneliti menerapkan strategi peta konsep untuk meningkatkan pemahaman konsep dan mencapai pembelajaran yang optimal. Strategi peta konsep adalah strategi yang didalamnya melibatkan siswa untuk membuat peta konsep dari seluruh materi yang telah dipelajari. Strategi ini dapat memancing keaktifan siswa dan meningkatkan pemahaman konsep siswa. Dalam pembelajaran dengan strategi peta konsep, materi yang dipilih adalah materi fungsi kmposisi dan fungsi invers. Penerapan pembelajarannya disesuaikan dengan RPP. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini dikatakan tuntas belajar jika memenuhi ketuntasan klasikal yaitu ≥75% siswa mendapat nilai minimal 75. Bagi guru strategi peta konsep dapat dijadikan sebagai kontribusi pengetahuan, masukan dan acuan untuk diterapkan dikelas. Bagi peneliti lain hendaknya dapat memberikan sumbangan yang bermanfaat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan dilaksanakan pada siswa kelas XI MA. Sunan Ampel Poncokusumo Kabupaten Malang terdiri dari 35 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data adalah teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase ketuntasan belajar matematika meningkat dari 65,72% pada siklus 1 menjadi 77,2% pada siklus 2; (2) siswa memberikn respon yang positif dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi peta konsep dapat meningkatkan pemahaman konsep fungsi komposisi dan fungsi invers pada siswa kelas XI MA. Sunan Ampel Poncokusumo Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peta Konsep, Pemahaman Konsep
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Nur Faizatul Masluchi ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:35
Last Modified: 23 Feb 2023 13:35
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5347

Actions (login required)

View Item View Item