Mustika, Erni (2018) Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Kristen Baithani Tutur Saat Mengerjakan Soal Matematika Ujian Kenaikan Kelas Ditinjau Dari Langkah Polya. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil observasi, masih terdapat beberapa kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika, sehingga diperlukan suatu penelitian untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dan penyebabnya dalam mengerjakan soal ujian kenaikan kelas ditinjau dari langkah Polya. Penggunaan tahap ini terdiri dari empat tahapan, pertama tahap memahami masalah, kedua tahap merencanakan rencana penyelesaian, tahap ketiga melaksanakan rencana penyelesaian, dan tahap keempat memeriksa kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa kelas VIII SMP Kristen Baithani Tutur saat mengerjakan soal matematika ujian kenaikan kelas ditinjau dari langkah Polya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Kristen Baithani Tutur sebanyak 32 siswa. Dari kelas tersebut dipilih 6 subjek dari masing-masing tingkatan kemampuan pemecahan masalah. Prosedur pengumpulan data penelitian ini melalui tes dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Tahap-tahap analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tahap memahami masalah memiliki persentase sebesar 79,16%, (2) tahap merencanakan rencana penyelesaian memiliki persentase sebesar 45,83%, (3) tahap melaksanakan rencana memiliki persentase sebesar 33,33%, (4) tahap memeriksa kembali memiliki persentase sebesar 66,67%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan jenis-jenis kesalahan meliputi tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, tidak menuliskan rumus, tidak menemukan hasil yang diminta dalam soal, tidak menuliskan kesimpulan dan memeriksa kembali jawaban. Penyebab kesalahan tersebut adalah tidak membaca perintah, kurang teliti, tidak memahami soal, kurang penguasaan materi, tergesa-gesa. Disarankan agar guru matematika memakai/membaca hasil penelitian ini agar guru dapat mengetahui penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, sehingga dapat mengurangi terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa pada pembelajaran selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Ujian Kenaikan Kelas, Ditinjau Dari Langkah Polya |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | ?? Erni Mustika ?? |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 13:31 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 13:31 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5350 |
Actions (login required)
View Item |