Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di SMA Nasional Malang

Iswari, Ela Sandra (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di SMA Nasional Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di kelas XI IPA SMA Nasional Malang menunjukkan bahwa LKPD yang digunakan pada saat proses pembelajaran kurang menarik karena memiliki beberapa kekurangan yaitu kumpulan soal yang disajikan sulit dipahami peserta didik, langkah penyelesaian masalah yang rumit dan tidak menggali pengetahuan peserta didik. Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di SMA Nasional Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan LKPD matematika dengan pendekatan RME materi program linear untuk peserta didik kelas XI IPA SMA Nasional Malang. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan metode penelitian Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Nasional Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Langkah-langkah penelitian meliputi: potensi masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Instrumen penelitian meliputi LKPD matematika, tes peserta didik, dan angket. LKPD matematika divalidasi oleh ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli desain untuk menguji kelayakan LKPD yang menunjukkan bahwa LKPD layak untuk diuji cobakan dalam penelitian. Tes peserta didik digunakan untuk menguji keefektifan LKPD dengan tingkat keberhasilan mencapai 88,9% pada skala terbatas dan 75% pada skala lapangan. Angket digunakan untuk mengetahui kelayakan LKPD yang meliputi respon guru dan peserta didik dan menunjukkan hasil sangat baik terhadap pengembangan LKPD. LKPD matematika dengan pendekatan RME layak dan efektif untuk peserta didik kelas XI IPA SMA Nasional Malang sehingga dapat digunakan referensi bagi guru untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan bahan ajar, LKPD, RME
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Ela Sandra Iswari ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:33
Last Modified: 23 Feb 2023 13:33
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5355

Actions (login required)

View Item View Item