Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah Open Ended Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Soleman, Dediyanto Daud (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah Open Ended Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Open Ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMP PGRI 01 Singosari terhadap LKPD yang digunakan di dalam pembelajaran masih kurang bervariatif dan kurang menarik minat pesrta didik untuk mengerjakan soal yang terdapat pada LKPD yang disajikan. Oleh sebab itu, peneliti akan mengembangkan perangkat pembelajaran berupa LKPD. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4D (four-D model). Pengembangan dilakukan melalui tahap define, design, develop, disseminate. a) Define: analisis kebutuhan yang mana menunjukkan masih terbatasnya bahan ajar, dan peserta didik belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, analisis kurikulum sesuai dengan K-13, dan analisis karakteristik peserta didik yang mana peserta didik kurang menarik terhadap lembar kerja peserta didik; b) Design: pengumpulan referensi, perancangan isi materi, penyusunan LKPD; c) Development: validasi ahli untuk mengetahui kevalidan LKPD, dan merevisi produk tahap I berdasarkan masukan validator; d) disseminate: uji coba untuk memperoleh kelayakan dan keefektifan penggunaan LKPD. Kualitas bahan ajar yang dikembangkan adalah: a) valid dengan kriteria “sangat baik” berdasarkan penilaian ahli media dan materi dengan skor masing-masing 3,52 dan 3,4; b) layak dengan kriteria “sangat baik” berdasarkan penilaian guru dan peserta didik dengan skor masing-masing 3,6 dan 3,26; c) efektif dengan kriteria “baik” berdasarkan tes hasil belajar peserta didik dengan kategori tingkat ketuntasan 85%. Jadi, LKPD yang dikembangkan ini sudah memenuhi kriteria sangat baik, sehingga LKPD ini dinyatakan valid, layak dan efektif. Disarankan kepada guru mata pelajaran hendaknya mempertimbangakan agar menggunakan media pembelajaran lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, Masalah Open Ended
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Dediyanto Daud Soleman ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:33
Last Modified: 23 Feb 2023 13:33
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5356

Actions (login required)

View Item View Item