Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Melalui Pendekatan Konsep dan Prinsip Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Nusantara Pronojiwo Lumajang

Alima, Farchatul (2018) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Melalui Pendekatan Konsep dan Prinsip Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Nusantara Pronojiwo Lumajang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Aljabar merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang penting untuk dipelajari. Hal tersebut dikarenakan aljabar digunakan dalam kehidupan seharihari yaitu untuk pemodelan masalah ke dalam kalimat matematika. Akan tetapi, dari hasil wawancara yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa siswa belum sepenuhnya menguasai materi aljabar. Oleh karena itu, harus diketahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Dengan demikian, fokus penelitian ini adalah jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar melalui pendekatan konsep dan prinsip. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa dari 23 siswa kelas VIII-A SMP Nusantara Pronojiwo Lumajang dengan masing-masing 2 siswa kemampuan tingkat atas, tengah dan bawah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara dan catatan lapangan. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah rata-rata kesalahan yang dilakukan siswa, antara lain: 1) kesalahan data sebesar 36,7%, 2) kesalahan mengintrepetasikan bahasa sebesar 53,7%, 3) kesalahan menggunakan logika untuk menarik kesimpulan sebesar 60%, 4) kesalahan teorema/definisi sebesar 50%, 5) kesalahan solusi sebesar 70%, dan 6) kesalahan teknis sebesar 66,7%. Oleh karena itu, untuk meminimalkan terjadinya kesalahan disarankan siswa memahami makna kata dari soal, terbiasa menggunakan simbol-simbol dalam matematika dan memperbanyak latihan soal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan dalam matematika, konsep dan prinsip aljabar, aljabar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Farchatul Alima ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:31
Last Modified: 23 Feb 2023 13:31
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5361

Actions (login required)

View Item View Item