Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal cerita Pada Matematika Berdasarkan Prosedur Polya Di Kelas VIII MTS Sunan Ampel, Ketitang

Ummah, Khoiriyatul (2018) Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal cerita Pada Matematika Berdasarkan Prosedur Polya Di Kelas VIII MTS Sunan Ampel, Ketitang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika MTs Sunan Ampel Ketitang masih banyak peserta didik yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan teorema pythagoras. Untuk mengetahui kasalahan-kesalahan yang terjadi pada peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada matematika dapat dideskripsikan menggunakan analisis polya. Penggunaan prosedur polya tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan peserta didik. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti merasa perlu mengidentifikasi kesalahan peserta didik dalam mengerjakan soal cerita matematika, dan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Matematika Berdasarkan Prosedur Polya di Kelas VIII MTs Sunan Ampel Ketitang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan untuk jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A MTs Sunan Ampel Ketitang yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, tes tertulis, wawancara, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa masih terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada matematika berdasarkan prosedur polya. Kesalahan peserta didik tesebut terdapat pada berbagai tahap yaitu: (1) 5 subyek mengalami kesalahan pada tahap memahami masalah, (2) 6 subyek mengalami kesalahan pada tahap membuat rencana pemecahan, (3) 4 subyek mengalami kesalahan pada tahap melakukan perhitungan, dan (4) 5 subyek mengalami kesalahan pada tahap memeriksa kembali. Dan berikut merupakan penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik yaitu: 1) peserta didik kurang teliti dalam menyelesaikan soal, 2) peserta didik kurang memahami maksud dari soal yang diberikan, 3) kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi prasyarat baik sifat, rumus dan prosedur, 4) peserta didik tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, 5) kebiasaan peserta didik dalam menyelesaikan soal, 6) kurangnya keseriusan peserta didik dalam mengerjakan soal. Adapun saran dari peneliti agar peserta didik tidak melakukan kesalahan yang sama untuk kedepannya yaitu, guru diharapkan selalu memberi penguatan pada peserta didiknya mengenai materi yang belum dipahami dan peserta didik agar lebih sering mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru dan aktif bertanya jika ada soal yang belum paham.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan Peserta Didik, Soal Cerita Matematika, Prosedur Polya
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Khoiriyatul Ummah ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:28
Last Modified: 23 Feb 2023 13:28
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5364

Actions (login required)

View Item View Item