Saputri, Ayu (2020) Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 6 Donomulyo. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran matematika kelas X TKR 3 SMK Muhammadiyah 6 Donomulyo metode ceramah dan pemberian tugas mengakibatkan banyak siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, mencontek jawaban teman, serta ada siswa yang tidur. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa, yakni 76.92% dari 26 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Oleh karena itu, perlu digunakan model pembelajaran dan bantuan media untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran tersebut adalah talking stick. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran model talking stick berbantuan media power point yang dapat meningkatkan hasil belajar materi barisan dan deret dan (2) mendeskripsikan presentase peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran model talking stick berbantuan media power point. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas terdiri atas empat tahap yang dimulai dari (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengumpulan data; dan (4) menganalisis data untuk memutuskan sejauh mana kelebihan dan kelemahan tindakan. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 3 SMK Muhammadiyah 6 Donomulyo sebanyak 26 siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tulis, observasi, dan dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran dengan model talking stick berbantuan media power point yang dapat meningkatkan hasil belajar dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut. Guru membentuk kelompok yang terdiri atas 5-6 siswa. Guru menyampaikan materi, kemudian guru memberi LKS. Setiap kelompok berdiskusi menyelesaikan LKS. Semua anggota kelompok bersiap-siap melakukan talking stick dengan media power point. Guru memberikan tongkat kepada salah satu siswa secara acak. Musik dibunyikan dan tongkat berpindah dari satu siswa ke siswa yang lain searah jarum jam. Ketika musik berhenti, siswa yang memegang tongkat berhak memilih dan menjawab soal yang ada pada slide power point. Siswa mendiskusikan soal yang dipilih dengan anggota kelompoknya, kemudian mempresentasikan jawabannya di depan kelas. Langkah tersebut diulang sampai semua kelompok mendapat kesempatan mengerjakan soal. Guru beserta siswa merumuskan kesimpulan. Hasil pembelajaran dengan model talking stick berbantuan media power point menunjukkan peningkatan pada setiap siklus. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70, sedangkan pada siklus II sebesar 78,46. Selanjutnya, pada siklus I subjek penelitian yang tuntas belajar sebanyak 53,85%, sedangkan pada siklus II sebanyak 80,76%. Dengan demikian, hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 8,46 dan ketuntasan belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebanyak 26,91%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Talking Stick, Power Point, Hasil Belajar |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | ?? Ayu Saputri ?? |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 13:28 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 13:28 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5367 |
Actions (login required)
View Item |