Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VIIA SMP PGRI 6 Malang

Sulistiawati, Yustina (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VIIA SMP PGRI 6 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas VIIA SMP PGRI 6 Malang, ditemukan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih banyak yang belum mencapai KKM. Oleh Karena itu, perlu digunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP PGRI 6 Malang pada pokok bahasan pertidaksamaan linear satu variabel. Subyek penelitian ini adalah 29 siswa kelas VIIA SMP PGRI 6 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Proses analisis data dalam penelitian ini meliputi beberapa tahap yaitu: (1) Mereduksi data. (2) Penyajian data. (3) Penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Adapun langkah-langkah model pembelajaran Numbered Heads Together adalah sebagai berikut: (1) Guru membuka pembelajaran. (2) Guru menyampaikan materi pembelajaran. (3) Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, memberi nama pada masing-masing kelompok, dan membagikan nomor kepala kepada setiap angota kelompok. (4) Siswa bersama anggota kelompoknya bekerja sama dalam menyelesaikan LKS yang diberikan. (5) Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas (6) Memberikan penghargaan kepada kelompok yang mendapatkan nilai terbaik. Hasil pembelajaran dengan model Numbered Heads Together menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa sebesar 62,69% dan pada siklus II persentase ketuntasan siswa sebesar 82,76%. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar sebesar 20,07%.. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan langkah model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP PGRI 6 Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Yustina Sulistiawati ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:28
Last Modified: 23 Feb 2023 13:28
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5369

Actions (login required)

View Item View Item